by Karen Kamal

Sounds Familiar? Tradisi atau Mitos Keluarga Tionghoa (Asia)

Sounds Familiar? Tradisi atau Mitos Keluarga Tionghoa (Asia)

Hidup di keluarga keturunan Tionghua ataupun Asia, kita tentu sedikitnya familiar dengan beberapa mitos atau tradisi yang telah dipercaya dan dianjurkan oleh sanak saudara. Saya sendiri pun mengalami dan mendengar daftar mitos dan tradisi yang sama dari semenjak ada saudara yang sedang hamil sampai saat saya sendiri sedang hamil. Beberapa saya ikuti dan beberapa menurut saya terlalu tidak masuk akal (tentu tidak saya ikuti). Yang pasti tidak perlu terlalu dibawa pusing karena buah hati yang kita nantikan adalah pemberian Tuhan.

Berapa dari daftar berikut ini yang juga kamu alami atau dengar dalam keluarga? Menurut pengalaman Mama saya, ada baiknya ikuti saja beberapa tradisi ini agar tidak terjadi hal yang tidak diinginkan.

No Tradisi / Mitos Pendapatku
1 Wanita hamil dilarang menggunakan gunting disekitar tempat tidur karena bisa membuat bayi jelek atau lahir dengan bibir sumbing. Saya mengikuti anjuran yang satu ini karena memang saat duduk di tempat tidur membuat kita kurang stabil sehingga kalau kita memakai gunting atau benda tajam bisa saja tertusuk.
2 Tidak boleh menjahit baju, karena bisa mengakibatkan janin bayi lahir tanpa anus. Somehow saya mengikuti anjuran yang ini. Toh jarang sekali jaman sekarang kita menjahit baju.
3 Penggunaan alat tajam seperti gergaji, palu, atau bor dianggap bisa membahayakan keselamatan bayi yang dikandung ibu. Jadi, saat ibu sedang hamil, pantang untuk melakukan renovasi di rumah. Wanita hamil dilarang menggunakan palau atau memuku sesuatu, jika tidak akan ada bekas luka di wajah bayi. Saya dan suami berencana untuk pindah tinggal di rumah setelah melahirkan sehingga tentu kita perlu melakukan renovasi rumah.
4 Hanya boleh membeli barang bayi setelah di atas 7 bulan. Tradisi yang ini dilakukan bukan hanya di tradisi keluarga Tionghua tapi juga di kebanyakan keluarga Asia. Ibu saya sendiri tidak mengetahui tradisi ini dan mempersiapkan barang bayi semenjak hamil muda.
5 Bayi harus digendong oleh mama mertua dari pihak laki-laki saat pulang dari RS. Bayi harus memakai baju pemberian mama mertua dari pihak laki-laki saat pulang dari RS. Jujur saja saya sama sekali tidak percaya tradisi yang ini karena didengar dari saudara saja dan mama mertua saya pun tidak melakukannya saat suami saya lahir.
6 Menurunkan kain gendongan dari generasi ke generasi. Saya tidak percaya tradisi yang ini karena tidak ada makna tertentu ataupun konsekuensinya. Di samping itu gendongan hari ini sudah memakai buckle dan bahan yang jauh lebih baik untuk keamanan bayi juga dan gendongan yang diturunkan tentu sudah berumur puluhan tahun dan tidak hygiene.
7 Wanita hamil dilarang memberitahukan kehamilan pada tiga bulan pertama kepada orang lain. Hal ini bisa menyebabkan bayi menjadi pelit dan marah ketika ibu memberitahu orang lain, dan dapat menyebabkan kehilangan bayi. Menurut saya hal ini karena pada kehamilan trimester pertama memang resiko keguguran masih sangat tinggi. Saya sendiri pun mengalami keguguran yang pertama di minggu ke 10.
8 Wanita hamil dilarang berpartisipasi dalam pemakaman. Hal ini akan mempengaruhi emosi ibu yang akan berpengaruh juga terhadap bayi. Bayi bisa turut merasakan kebahagiaan dan kesedihan yang dirasakan ibu hamil.
9 Tidak boleh membenci atau menghina atau menggunjingkan orang karena bisa membuat si bayi berperilaku atau wajahnya mirip dengan orang yang digunjingkan atau dihina. Baik hamil maupun tidak, memang tidak baik menggunjingkan orang lain.
10 Tidak boleh menonton atau melihat yang seram karena dapat mempengaruhi janin bayi. Film horor memang terkadang suka mengejutkan dan menakutkan, tentu saja membuat kaget ibu hamil dan jantung berdebar.
11 Selama masa hamil wanita Tionghua juga akan mengkomsumsi beberapa minuman herbal untuk membantu menguatkan fisiknya saat melahirkan. Harus ciapo setelah melahirkan. Obat herbal Cina (terutama ayam arak) tidak boleh dikonsumsi selama kehamilan karena dapat membuat suhu badan meningkat dan dapat menyebabkan keguguran atau kelahiran prematur. Obat herbal yang dikonsumsi setelah melahirkan juga perlu dikonsultasikan dengan dokter karena dapat menyebabkan darah lebih cair dan menyulitkan pembekuan darah setelah operasi caesar.
12 Ibu hamil yang sering melihat pemandangan indah atau foto bayi lucu akan melahirkan anak yang cantik atau tampan. Baik hamil maupun tidak, melihat pemandangan indah dan foto bayi lucu memang selalu menyenangkan.
13 Ibu hamil dilarang membiarkan bahunya disentuh orang lain. Maknanya agar keberuntungannya tidak berpindah ke orang lain. Doesn’t make sense at all.
14 Memakaikan gurita pada bayi yang baru lahir agar tidak kembung. Bayi yang baru lahir bernafas dengan diafragmanya jadi pemakaian gurita bisa menyebabkan bayi sesak nafas, terutama saat tidur. Bedong saja sudah cukup untuk membuat bayi nyaman dan tentunya tidak dibedong terlalu kencang. Cukup untuk menjaga suhu badannya setelah lahir sampai 1 bulanan pertama saja.


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *